LAYANAN PENDIDIKAN

Stimulasi & Parenting (Balita – Anak – Remaja)

Created by Optima HRD on Sat, 09/10/2011 - 20:10

Dalam perjalanan hidupnya, setiap individu tanpa kecuali akan melalui siklus hidup yang sama, yaitu secara bertahap sesuai dengan masa atau usia perkembangannya. Pada  tiap tahap perkembangan memiliki tugas perkembangan yang harus dipenuhi agar mencapai tingkat perkembangan psikologis dan kematangan mental sesuai usianya. Pemenuhan tugas perkembangan secara optimal pada masing-masing tahap  menjadi penting karena sangat menentukan keberhasilan seseorang untuk memenuhi tugas perkembangan pada tahap atau masa perkembangan berikutnya dan akan berimplikasi terhadap keberhasilan dalam kehidupannya di masa mendatang.

Jika pemenuhan tugas perkembangan pada masa sebelumnya tidak optimal maka akan terjadi keterlambatan perkembangan dan jika terjadi terus menerus maka akan terjadi suatu keadaan dimana terjadi stagnasi atau kemandegan perkembangan. Umur bisa jadi terus bertambah, namun sikap dan perilaku mengalami kemandegan perkembangan pada masa tertentu. Hal ini terlihat, terutama adanya indikasi ketidak-matangan berpikir, ketidak-matangan emosi dan sosial pada orang-orang dewasa dalam menghadapi dan mengatasi problem hidupnya.

Psikotest Kesiapan & kematangan Masuk SD

Created by Optima HRD on Sat, 09/10/2011 - 20:08

Setiap orangtua mengharapkan proses pendidikan anaknya berjalan mulus dengan hasil yang optimal. Langkah awal yang menjadi titik paling kritis adalah memilih waktu yang tepat kapan si kecil masuk sekolah Dasar. Pada prinsipnya tidak ada patokan khusus terutama dalam hal usia kapan seorang anak akan siap masuk sekolah formal (SD). Karena setiap anak memiliki potensi yang berbeda dan tidak selalu terlahir pada waktu yang tepat dan persis dengan patokan atau  standar yang ditetapkan pihak sekolah atau pemerintah. 

Identifikasi Siswa CIBI ( Cerdas Instimewa & bakat Istimewa)

Created by Optima HRD on Sat, 09/10/2011 - 20:06

Setiap anak dilahirkan dengan sejumlah potensi dan bakat yang tentu tidaklah sama. Sebagian anak-anak dilahirkan dengan kecerdasan luar biasa dan atau bakat luar biasa. Tidak jarang  pada mulanya mereka diidentifikasikan sebagai anak yang sulit diatur, keras kepala, sekehendak hati dengan sejumlah pertanyaan kritis yang kadang membingungkan bahkan mengesalkan orangtuanya.

Keterlambatan identifikasi potensi dan bakat mereka yang luar biasa, akan berdampak pada kurang maksimalnya penanganan dan stimulasi sehingga perkembangan potensi mereka yang luar biasapun tidak berkembang secara optimal sesuai dengan maksud diciptakan-Nya.

Pages